PRACTICAL IN ENGLISH | LISTENING | WATCHING MOVIE
NONTON HARRY POTTER & LISTENING
Entri ini berawal dari pengalaman mengajar bahasa inggris secara privat ketika murid penulis lagi dalam keadaan tidak mood alias malas belajar. seketika itu penulis sudah menangkap dari sikapnya yang tiduran sembari menonton film favoritnya harry potter di salah satu saluran televisi dan kebetulan anak ini sebenarnya adalah anak yang rajin dan juga pintar serta duduk di bangku salah satu smp negeri di kawasan sidoarjo. bagaimanapun, mood anak memang tidak bisa dipaksakan jika ia dalam kondisi malas atau mengalami titik jenuhnya dalam belajar jadi penulis hanya menemaninya nonton tv.
Proses belajar tidak harus dilakukan hanya dengan membaca buku pelajaran yang terkesan formalitas dan kaku namun juga harus diimbangi oleh proses belajar sembari mempraktekkan apa yg dipelajari untuk melihat kegunaan dari suatu ilmu atau pengetahuan tersebut dalam kehidupan nyata. kebetulan, penulis mengajarkan bahasa inggris maka, yang dilakukan oleh penulis hanya bertanya sembari mengobrol sambil menanyakan apa yang diucapkan karakter-karakter di dalam film harry potter. akhirnya, pelajaran listening pun terjadi dan kebetulan si murid satu ini sudah dibiasakan untuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris sehingga telinganya tidak asing lagi dengan pelafalan kata yang diucapkan oleh karakter dalam film harry potter meski masih harus belajar lagi. tak terasa enam puluh menit pun berlalu hanya dengan menonton tv tapi tidak menghilangkan esensi dari belajar bahasa inggris.
Pembelajaran memang harus dilakukan secara practical khususnya dalam bahasa karena bagaimanpun bahasa tanpa latihan berbicara tidak sempurna karena hasil akhir dalam belajar bahasa yaitu mampu mempraktekan dengan berbicara. maka dari itu, penulis dengan segala kemampuan berusaha merubah pola pembelajaran bahasa dengan media mendengarkan musik, menonton movie, bermain games, dan hal-hal lain yang tidak menitikberatkan pada sisi formalitas pengetahuan bahasa inggris yang diisi dengan grammar dan structure karena hal itu terasa memberatkan anak-anak yang seharusnya belum waktunya belajar hal tersebut.