Games

Minggu, 20 April 2014


Administrasi Publik | Administrasi Negara | Sektor Publik | Inovasi Sektor Publik | Konsep Sound Governance | Konsep Sound Governance di Sektor Publik


Inovasi sektor publik. Tiga kata yang membuat saya masih penasaran dan ingin membahas bidang keilmuan dalam ilmu administrasi negara, salah satu ilmu yang saya pelajari di bangku kuliah khususnya dari segi teoritik dan ini mungkin dapat membantu teman-teman seilmuan dengan saya untuk berbagi khususnya dalam membuat karya ilmiah ataupun tugas akhir maupun skripsi.
Inovasi adalah salah satu hal yang menjadi kunci sukses khususnya dalam birokrasi pelayanan publik dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada masyarakat yang bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan dan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan pengurusan produk-produk pelayanan publik seperti KTP, Kartu Keluarga, SKCK dan lain-lain.
Inovasi menurut konsep sound governance merupakan salah satu komponen penting yang diusung oleh paradigma ini dalam merespon lingkungan luar yaitu kebutuhan masyarakat secara tepat dan selain itu, adanya konsep inovasi diharapkan dapat membuat birokrasi pelayanan publik terlepas dari budaya birokrasi ala weber yang mengacu hanya pada rutinitas dan prosedur kerja yaitu tupoksi (tugas pokok dan fungsi) PNS serta mampu meningkatkan kualitas kerja pegawai dalam melakukan serangkaian perubahan baik dalam hal prosedur kerja maupun sistem pelayanan agar tercipta kondisi kerja yang kompetitif dan adaptatif (Putra 2009:88-94). Maka dari itu, konsep inovasi yang dikembangkan di dalam tubuh birokrasi pelayanan publik menjadikan birokrasi sebagai organisasi pemberi produk dan jasa yang responsif kepada kebutuhan masyarakat secara cepat dan tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Inovasi pelayanan publik menurut Sugiyono (2008: 40) berbeda dari konsep inovasi yang dilakukan oleh sektor swasta yang bertujuan untuk survive dan menghasilkan profit namun bertujuan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik agar tercipta hubungan menguntungkan diantara keduanya dan lebih penting yaitu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi pelayanan publik maka dari itu, seperti halnya inovasi pada sektor swasta maka pemberian inovasi pada sektor pelayanan publik juga memberikan nilai tambah (added-value) baik dalam hal pola pemberian pelayanan maupun fasilitas penunjang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat  dan keunggulan kompetitif (kompetetive advantage) yaitu mampu menjadi parameter atau contoh bagi birokrasi pelayanan publik yang membuat masyarakat lebih menyukai dan mempercayai inovasi pelayanan publik tersebut dibandingkan cara konvensional ataupun hal-hal lain.
Sekian pembahasan kali ini mengenai inovasi pelayanan publik dan jika anda ingin meneliti lebih jauh lagi inovasi pelayanan publik maka saya sarankan untuk merujuk pada aspek nilai tambah serta keunggulan kompetetif karna dua hal ini yang dapat anda kupas baik dari segi pengertian, jenis-jenis serta elemen-elemen di dalam dua hal tersebut yang dapat anda jadikan acuan dalam merancang definisi operasional serta bahan dalam merancang bahan pertanyaan wawancara pada penelitian skripsi anda. Sekian dan terima kasih.


Daftar Pustaka :
Putra, Fadillah, Senjakala Good Governance. Malang:Averroes Press, 2009.
Suwarno,Yogi. Inovasi di Sektor Publik, Jakarta : STIA-LAN Press, 2008